Lain dengan cerita sejarah yang beredar tentang asal usul Lemahabang,
Untuk
dk.lemahabang -cawitali kecamatan
bumijawa –tegal ini hanya sepenggal kisah yang terselip di antara kisah kisah
penyebaran agama islam di abad ke 61 oleh kanjeng syekh siti jenar yang di
kenal dengan syekh lemah abang,,,,
Syekh Siti Jenar.
Kehadirannya telah menenteramkan sekaligus menggelisahkan!
Ajaran Islam yang diajarkannya sangat kontroversial. Jika para wali lain di
zamannya menanamkan Islam secara akulturasi, ia membangun Islam di Jawa secara
asimilasi, yang kelak dikenal sebagai Islam Jawa atau Islam Kejawen. Pandangan
sufistik Islam diramunya dengan mistik Jawa. Lahirlah Islam yang tidak berwajah
keras, tapi memancarkan kesejukan sebagai rahmatan lil alamin.
Ajaranya mengupas makna kematian yang diajarkan oleh tokoh yang lebih sering disalahpahami itu. ..
Ajaranya mengupas makna kematian yang diajarkan oleh tokoh yang lebih sering disalahpahami itu. ..
Nama lain dari Syekh Siti Jenar antara lain Seh Lemahbang
atau Lemah Abang, Seh Sitibang, Seh Sitibrit atau Siti Abri, Hasan Ali Ansar
dan Sidi Jinnar. Menurut Bratakesawa dalam bukunya Falsafah Siti Djenar (1954)
dan buku Wejangan Wali Sanga himpunan Wirjapanitra, dikatakan bahwa saat Sunan
Bonang memberi pelajaran iktikad kepada Sunan Kalijaga di tengah perahu yang
saat bocor ditambal dengan lumpur yang dihuni cacing lembut, ternyata si cacing
mampu dan ikut berbicara sehingga ia disabda Sunan Bonang menjadi manusia,
diberi nama Seh Sitijenar dan diangkat derajatnya sebagai Wali..
Oleh karena perbedaan paham antara siti jenar dengan wali yang lain lah,,,sehingga syekh siti
jenar lebih memilih untuk hidup berpindah” dari satu tempat ke tempat yang
lain,,,, Syeh siti jenar tidak jauh berbeda dengan ibrahim yang sepanjang
hidupnya dipenuhi dengan tirakat mencari Tuhannya. Berbagai aliran pernah dia
ikuti, sampai akhirnya dia mencapai tingkat tertinggi pencapaiannya.
Dan konon cerita, Lemahabang- Cawitali ini adalah salah satu tempat yang pernah di singgahi syekh siti jenar sewaktu melakukan perjalanan dari demak jawa tengah,menuju banten jawa barat,,,Warga desa lemah abang menyebut tempat yang di anggap salah satu central beristirahatnya syekh siti jenar dengan nama “petilasan DEPOK”dan bukti yang menguatkan bahwa depok adalah petilasan “tempat singgah” syekh siti jenar adalah Seperti di petilasan Petilasan syeh siti jenar yang lain seperti di demak,Di cirebon dan di bekasi - jawa barat,tempat singgahnya selain gua gua untuk tasawuf,juga kanjeng syeh siti jenar memilih tempat yang benar benar hening,dan di dukuh lemahabang tempat ini berada di sisi barat bukit di tengah lengkungan sungai yang pada masa itu benar – benar hampir tak terjamah manusi lain,,Ada dua makam yang ada di petilasan tersebut,makam yang pertama berada tepat di pintu masuk petilasan dan makam kedua ada di dalam pelataran petilasan, tak banyak yang tau makam siapa yg ada di petilasan depok itu,dan oang orang hanya memperkirakan bahwa makam tersebut adalah makam santri2 pengikut kanjeng Syeh siti jenar yang meninggal di tempat ini masa itu.dan yang tak banyak di ketahui orang orang adalah adanya satu makam yang hanya bisa di lihat oleh orang orang yang mempunyai kelebihan atau orang yang punya tingkat kasyaf yang tinggi,yaitu ( makam keramat )…
Dari Penuturan Sesepuh desa yang ceritanya masih di dengar dari generasi ke generasi mengisahkan Bahwa Sebelum Kehadiran kanjeng syeh Siti jenar ke Pedukuhan Lemahabang - cawitali,Dahulunya wilayah ini bernama Dukuh Keputihan,nama dukuh lemahabang baru muncul setelah kehadiran syeh siti jenar yang singgah ke tempat ini untuk beristirahat.
Dan konon cerita, Lemahabang- Cawitali ini adalah salah satu tempat yang pernah di singgahi syekh siti jenar sewaktu melakukan perjalanan dari demak jawa tengah,menuju banten jawa barat,,,Warga desa lemah abang menyebut tempat yang di anggap salah satu central beristirahatnya syekh siti jenar dengan nama “petilasan DEPOK”dan bukti yang menguatkan bahwa depok adalah petilasan “tempat singgah” syekh siti jenar adalah Seperti di petilasan Petilasan syeh siti jenar yang lain seperti di demak,Di cirebon dan di bekasi - jawa barat,tempat singgahnya selain gua gua untuk tasawuf,juga kanjeng syeh siti jenar memilih tempat yang benar benar hening,dan di dukuh lemahabang tempat ini berada di sisi barat bukit di tengah lengkungan sungai yang pada masa itu benar – benar hampir tak terjamah manusi lain,,Ada dua makam yang ada di petilasan tersebut,makam yang pertama berada tepat di pintu masuk petilasan dan makam kedua ada di dalam pelataran petilasan, tak banyak yang tau makam siapa yg ada di petilasan depok itu,dan oang orang hanya memperkirakan bahwa makam tersebut adalah makam santri2 pengikut kanjeng Syeh siti jenar yang meninggal di tempat ini masa itu.dan yang tak banyak di ketahui orang orang adalah adanya satu makam yang hanya bisa di lihat oleh orang orang yang mempunyai kelebihan atau orang yang punya tingkat kasyaf yang tinggi,yaitu ( makam keramat )…
Dari Penuturan Sesepuh desa yang ceritanya masih di dengar dari generasi ke generasi mengisahkan Bahwa Sebelum Kehadiran kanjeng syeh Siti jenar ke Pedukuhan Lemahabang - cawitali,Dahulunya wilayah ini bernama Dukuh Keputihan,nama dukuh lemahabang baru muncul setelah kehadiran syeh siti jenar yang singgah ke tempat ini untuk beristirahat.
Tetapi tidak terlepas dari ajaran ajaran islam yang di bawa
oleh Syekh siti jenar dan juga budaya islam yang di junjung oleh sunan kali
jaga,dan perkembangan ajaran islam modern yang berkembang pesat di ,Di jaman yang sudah modern seperti sekarang,
warga desa Lemahabang cawitali ,masih tetap memperingati Acara tahunan
menyambut tahun baru islam,1 muharram bernuansakan kejawen islam yang di selenggarakan setiap tanggal 10 syuro dengan ACARA
sedekah bumi,dan biasanya menggelar tahlil dan istighosah bersama di petilasan Depok,,,
Dan adapun cerita tentang asal muasal desa lemahabang cawitali, yang mengkaitkan tentang era pewayangan LEgendfa adipati kumbo karno, yang menjadi symbol beberapa tempat tersebut, adalah adanya Kali kumisik yang melintasi desa cawitali dengan Tiga air terjun menjulang,dan beberapa Arca yang masih kokoh berdiri di wilayah lemahabang Di antaranya Arca Ula ( BATU ULAR) Arca jaran sembrani,Watu Sepur ( Batu Kereta) .
Dan adapun cerita tentang asal muasal desa lemahabang cawitali, yang mengkaitkan tentang era pewayangan LEgendfa adipati kumbo karno, yang menjadi symbol beberapa tempat tersebut, adalah adanya Kali kumisik yang melintasi desa cawitali dengan Tiga air terjun menjulang,dan beberapa Arca yang masih kokoh berdiri di wilayah lemahabang Di antaranya Arca Ula ( BATU ULAR) Arca jaran sembrani,Watu Sepur ( Batu Kereta) .
Pada Intinya postingan saya kali ini, masih sedang dalam
proses pencarian sumber terpercaya tentang Asal usul yang lebih dapat di terima
nalar untuk lebih mengkaitkan Antara legenda Pewayangan Adipati Kumbokaro ataukah sejarah kanjeng syeh siti jenar yang menjadi Asal muasal adanya nama Desa
lemahabang Cawitali,karena dari beberapa orang yang saya datangi belum ada yang bercerita detiel tentang sejarahnya …
Semoga bermanfaat…..
Terimakasih
ReplyDeleteminta izin menerjemahkan ke dalam bahasa inggris mas
ReplyDelete